Selamat datang di blog saya ^_^
Welcome to my blog ^_^

Tolong atur bahasa sesuai bahasa anda
Please set your language according your language

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^_^
Thank you for visiting my blog ^_^

Google Translate

Monday 6 October 2014

Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya

Kalian pasti pernah kan mengalami komputer lemot? ini salah satu hal yang sangat menggangu saat pengoprasian komputer, apalagi pas lagi buat tugas lalu langsung not responding, bikin frustasi emang ini masalah hahaha... Tapi apakah kalian tahu apa yang menyebabkan komputer/laptop kalian lemot? Pada kesempatan ini ane mau ngasih info nih tentang penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya. di simak yuk ^_^

Penyebab komputer lemot + cara mengatasinya.
  • File temp. yang terlalu besar
Jika kita sering browsing internet, otomatis komputer kita akan menyimpan beberapa data ke folder temp. Ketika folder itu sudah sangat besar, maka akan memperlambat komputer kalian. Cara yang paling mudah adalah dengan membersihkan folder tersebut dengan menggunakan program "ccleaner" yang bisa di download dari link berikut https://www.piriform.com/CCLEANER
  • Terlalu banyak program yang terinstal
Mungkin kita tidak mengetahui bahwa semakin banyak program yang terinstal di komputer dapat menyebabkan lemotnya komputer. Cara yang paling mudah adalah dengan meng-uninstal program yang tidak terlalu penting buat kalian.
  • Spesifikasi komputer yang jadul
Nah ini mungkin kasus yang paling umum. Cara untuk mengatasinya dengan upgrade hardwarenya seperti processor, RAM, VGA.
  • Visual Effect Pada windows
Tampilan visual di komputer sangatlah menarik, tapi tahukah kalian bahwa terlalu banyak memakai Visual Effect pada komputer dapat membuat komputer lemot?. Cara mengatasinya  sangatlah mudah, silahkah ikuti langkah berikut ini :
  1. Klik Tombol Start 
  2. Klik Kanan My Computer
  3. Pilih Properties 
  4. Pilih Tab Advanced
  5. Klik Setting pada bagian Performance
  6. Maka akan keluar kotak dialog Performance Options
  7. Pada tab Visual Effects pilih opsi Adjust for best performance 
  8. Apply.
  • Kerusakan pada komponen hardware
Terjadinya kerusakan komponen pada hardware dapat membuat komputer kita lemot, contohnya seperti Hardisk yang terkena bad sector. Cara mengatasi kasus tersebut yaitu dengan membeli hardisk baru.
  • Komputer terkena virus
Virus dapat merusak komponen komponen windows dan menyebabkan lemotnya komputer. Cara yang paling mudah yaitu dengan menscan komputer dengan antivirus dan mengupdate database antivirus.
  • Menginstal banyak antivirus
Mungkin banyak orang mengira bahwa semakin banyak antivirus di komputer maka semakin sedikit virusnya. Tapi menginstal banyak antivirus dalam satu komputer dapat menyebabkan komputer lemot karena antivirus itu memakan banyak sumber daya. Cara mengatasinya ya dengan meng-unintal beberapa antivirus. Lebih baik memiliki 1 antivirus di komputer.

Jika kalian masih merasakan lemot, mungkin kalian harus mencoba beberapa software ini yang dapat mempercepat komputer kalian. Berikut softwarenya :
  1. TuneUp Utilities. Link : http://www.tune-up.com/download/
  2. Advanced Systemcare 7. Ini software yang ane gunain di komputer ane, interface yang tidak ribet dan terbukti, 2 tahun ini pc ane ga pernah lemot :D, Link : www.iobit.com 
  3. Speed up My PC, Link : http://www.uniblue.com/product/pc/speedupmypc/
Sekian dari ane, Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment